Minggu, 15 Januari 2012

kewirausahaan

TUGAS
KEWIRAUSAHAAN












Oleh :
Kelompok 2










FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
2012





BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Dasar Gagasan Membuka Bisnis Baru
Gagasan pertama yang membuat pemilik usaha ini adalah pada saat pemilik masih kuliah pada tahun 1990 dan pada saat pemilik kuliah beliau sambil bekerja pada bengkel tambal ban milik saudaranya. Pemilik usaha ini kuliah pada jurusan ekonomi di sebuah universitas di jember, pada saat muncul ide untuk mendirikan usaha sendiri beliau mendapat tugas kuliah tentang teori antrian, beliau melakukan wawancara di gala vita yaitu sebuah usaha cuci mobil dan sepeda motor. Pada saat menganalisah di gala vita tersebut makin lama yang makin sedikit yang mencuci mobil, oleh sebab itu di gala vita menolak untuk mencuci mobil lagi. Dari kondisi inilah pemilik mempunyai ide untuk mendirikan usaha cuci sepeda motor. Ide ini juga didukung oleh keluarga dan juga lahan yang sangat strategis untuk tempat cuci sepeda motor, dimana lahan yang dimiliki di penggir jalan raya.
1.2     Nama dan Alamat Perusahaan
Nama Usaha    : Islah Motor
Alamat Usaha : Jl.Gaja Madah 116
1.3     Bidang Usaha
Bidang usaha yang dijalankan adalah bidang usaha jasa pencucian motor.
1.4     Bentuk Perusahaan
Bentuk perusahan ini adalah perorangan karena hanya satu pemilik.
1.5     Gambaran Perkembangan Perusahaan
Usaha pencucian motor ini awal berdiri pada tahun 1994 dimana pemilik usaha merekrut tiga karyawan yang masih saudara dari pemilik usaha islah motor ini. Alasn dari pemilik ini merekrut saudara sendiri menjadi karyawan adalah untuk mengajari saudaranya menjadi seorang wirausahaan. Terbukti pada tahun 1997 saudara dari pemilik islah motor ini membuka sendiri usaha cuci motor. Disusul juga dengan saudaranya yang lain pada tahun 2004, 2007 dan 2009. Selain mencuci motor islah motor ini melakukan tab oli.
Dari usaha cuci motor ini pemilik islah motor melakukan usaha lain yaitu jual beli barang bekas yang tentunya masih memiliki standarisasi dan layak pakai, pemilik menjual barang bekas seperti kulkas, TV, mebel dan juga vurnicer. Usaha ini juga maju dengan pesat karena selalu dapat informasi dari para pelanggannya yang mencuci motor di islah cuci motor.
Perkembangan dari usaha jual beli barang bekas ini lumayan cepat sehingga pada tahun 2008 pemilik juga membuka usaha laundry yang sampai sekarang usaha ini berkembang.



lebih lengkapnya silahkan download disini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar